Apakah DUAL MCB internal Bypass lebih baik dari Change Over Switch (Ohm Saklar) pada stabilizer?

Pertanyaan: Apakah DUAL MCB internal Bypass lebih baik dari Change Over Switch (Ohm Saklar) pada stabilizer?

Jawaban: Tidak sama sekali selain down time yang lama juga membahayakan user. Penjual peralatan listrik sering kali memakai berbagai cara untuk menghemat biaya tanpa memperdulikan safety konsumen.

Penjelasan Teknis:

  1. Change Over Switch/Ohm Saklar – Safety device terbaik bila terjadi kerusakan baik ringan maupun fatal pada stabilizer. Untuk Bypass User cukup pindahkan handle/tuas COS ke posisi PLN tanpa harus menyentuh unit  stabilizer yang kemungkinan dalam keadaan bahaya short circuit ataupun contact body.

    Sedangkan DUAL MCB yang 2 MCBnya melekat di unit stabilizer membuat User takut menyentuh unit stabilizer untuk melakukan Bypass PLN yang kemungkinan MCBnya akan jepret bila sudah terjadi short circuit di stabilizernya.

  1. Change Over Switch/Ohm Saklar – Independent device bila terjadi kerusakan pada unit stabilizer yang mengharuskan di bawa ke service center. User dapat melakukan sendiri tanpa memanggil teknisi dengan  memindahkan handle ke PLN Bypass seperti step diatas (1) dan aman lepaskan kabel.

    Sedangkan DUAL MCB tidak memungkinkan User lakukan sendiri tapi harus memanggil teknisi yang biasanya memakan waktu 1-2 hari untuk penyambungan kembali kabel PLN ke Fuse Box.

  1. Change Over Switch/Ohm Saklar – No Down Time bila waktunya perawatan dan penggantian komponen maka teknisi cukup pindahkan handle/tuas COS ke posisi PLN Bypass(1). User tidak mengalami pemadaman sama sekali dan bisa beraktivitas seperti biasa.

    Sedangkan DUAL MCB pada saat perawatan teknisi harus memadamkan dari MCB PLN sehingga Down Time bisa lama membuat User kecewa tidak bisa  menjalankan tugas rumah ataupun kantor.

Setelah melihat perbandingan di atas bisa di tarik kesimpulan bahwa stabilizer yang memakai Change Over Switch/Ohm Saklar jelas lebih unggul di Safety, Independency dan No Down Time di bandingkan dengan stabilizer yang memakai DUAL MCB. Dan dapat dikatakan bahwa DUAL MCB bukanlah lebih baik  melainkan suatu kelemahan  pada stabilizernya. Untuk itu di sarankan dalam memilih stabilizer, pilihlah stabilizer yang memakai Change Over Switch/Ohm Saklar, mahal sedikit tetapi tingkat safety dan efficiency nya melebihi harga yang kita bayar.

Iklan